Kamis, 21 April 2016

16 PRINSIP USER INTERFACE PADA YAHOO MAIL



16 PRINSIP USER INTERFACE PADA YAHOO MAIL

Hasil analisis Website Yahoo Mail sesuai dengan 16 prinsip User Interface (UI) dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. User Compatibility
Accessibility, dari prinsip nomor satu, yaitu accessibility, Yahoo mudah diakses oleh user. Configurability, tampilan pada Yahoo tidak memenuhi prinsip configurability karena tampilan yang ada tidak dapat dikonfigurasi oleh user. Availability, Tampilan Yahoo sudah memenuhi prinsip availability, karena objek atau menu tersedia setiap waktu dan dapat diakses oleh user.

2.Produc Compatibility
Clarity, objek-objek dalam tampilan Yahoo sudah jelas. misalnya terdapat lambang amplop untuk menggambarkan menu mail, lambang bola yang mewakili menu olahraga, dll.

3. Task Compatibility
Compatibility, tampilan Yahoo sudah memenuhi prinsip compatibility, hal ini dibuktikan dengan penempatan atau tata letak yang jelas dan pas. Di bagian kiri adalah situs Yahoo (berisi icon-icon yang mewakili tiap-tiap menu), bagian tengah berisi hotnews, bagian kanan berisi topik popular dan iklan.

4. Work Flow Compatibility
Operability, yahoo sudah memenuhi prinsip operability karena Yahoo mudah diakses oleh semua orang dari berbagai golongan dan umur, bahasa familiar, desain yang simple, dan kemudahan akses di mana saja (hp, pc,tablet). Persepsi orang mengenai situs Yahoo adalah biasanya untuk mengakses e-mail.

5. Consistency
Yahoo memenuhi consistency karena tampilan Yahoo tidak pernah berubah. Pada saat kita memulai untuk membukanya tampilannya tetap sama. Letak atau posisi dari seluruh komponen yang ada dalam tampilanYahoo selalu berada di tempat yang sama.

6. Familiarity
Semua tampilan pada Yahoo mudah dimengerti oleh usernya baik dari segi bahasa ataupun icon-icon yang mewakili tiap menu yang ada, hal ini membuat Yahoo menjadi salah satu situs yang sering diakses oleh masyarakat.

7. Simplicity 
TampilanYahoo memiliki desain yang sederhana, dari segi warna tampilan, icon yang dipilih untuk mewakili tiap menu, dan deretan link yang berisi informasi dikemas dengan sederhana.

8. Directness Manipulation
Dalam prinsip ini, kecepatan pengaksesan Yahoo tergantung dari kecepatan koneksi yang tersedia pada gadget yang digunakan oleh user.

9. Control
Penggunaan Yahoo dapat dikendalikan sesuai dengan keinginan user, contohnya ketika user ingin membuka tampilan email maka yang muncul adalah tampilan dari mail, ketika user ingin memperoleh informasi mengenai hotnews, dengan mengklik link yang ada maka user akan dapat menikmatinya.

10. WYSIWYG(What You See Is What You Get)
Aesthetically Pleasing , dari segi kontras antar elemen, tampilan Yahoo kurang bagus karena didominasi warna putih di bagian background dan dipenuhi oleh gambar iklan. Dari segi pengelompokan, tampilan Yahoo sudah baik karena sudah ada menu-menu yang mewakili masing-masing fungsi (contohnya : menu mail untuk fungsi surat menyurat). Selain itu, batas antar elemen layar kurang jelas karena dipenuhi oleh iklan dan berbagai macam link. Namun warna tampilan Yahoo sudah baik karena tidak membuat mata sakit.

11. Flexibility
Yahoo sangat fleksibel karena semua informasi yang dibutuhkan oleh usernya ada pada tampilan. User tinggal memilih menu atau link yang dibutuhkannya,  maka tampilan akan muncul sesuai yang diinginkan oleh usernya.

12. Responsiveness
Yahoo memenuhi prinsip responsiveness, karena cepat dalam menanggapi keinginan user. Ketika user mengklik link yang dinginkan akan langsung tersambung dengan informasi yang dibutuhkan.

13. Invisibe Technology
Transparency, yahoo tidak memenuhi prinsip transparency karena Yahoo tidak memperhatikan pekerjaan yang sedang dilakukan oleh Yahoo. User hanya mengetahui hasil dari apa yang diinginkannya

14. Rabustness
Recovery, untuk situs Yahoo terdapat toolbar “back” jika kita ingin mengembalikan ke tampilan yang sebelumnnya.

15. Protection
Safety, yahoo memenuhi prinsip safety dalam bagian Yahoo Mail, karena Yahoo Mail menyiapkan perlindungan atau pencegahan terhadap kesalahan user. Misalnya, user harus menggunakan ID dan password untuk dapat mengakses Yahoo Mail. Apabila user salah dalam memasukkan password, Yahoo Mail akan memberikan peringatan dan beberapa pertanyaan keamanan. Hal ini sangat bermanfaat dalam segi keamanan. Forgiveness, yahoo tidak memiliki system untuk memberikan peringatan terhadap kesalahan yang di lakukan oleh usernya ( kecuali ketika terjadi kesalahan pada pengisian ID dan password pada Yahoo Mail).

16. Ease of Learing & Ease of Use
Obviousness, pada website Yahoo, yang ditampilkan di situs tersebut segala sesuatunya sudah jelas. Jelas dari segi pemilihan kata (mudah dimengerti orang dan tidak membingungkan), serta dari segi tampilan dan menu.



Kelebihannya :
Selain bisa digunakan untuk menerima dan mengirimkan email, Anda juga bisa mengetahui berita-berita terbaru, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Saat Anda mengirimkan email, Anda bisa melampirkan file tambahan sebesar 25 MB. Dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat (SMS) kepada nomor ponselIndonesia dan beberapa negara lainnya. Ketika Anda sedang menulis email, lalu tiba-tiba komputer Anda mati, maka secara otomatis email yang sudah Anda tulis akan disimpan di dalam folder Draft.
Kekurangannya :
Terlalu banyak iklan, Upload file agak lama, Terkadang koneksi lambat terkadang server bermasalah.




Daftar pustaka


0 komentar:

Posting Komentar