16 PRINSIP USER
INTERFACE PADA YAHOO MAIL
Hasil
analisis Website Yahoo Mail sesuai dengan 16 prinsip User Interface (UI) dapat
dijelaskan sebagai berikut.
1.
User Compatibility
Accessibility, dari prinsip nomor satu, yaitu accessibility, Yahoo
mudah diakses oleh user.
Configurability, tampilan pada Yahoo tidak memenuhi prinsip
configurability karena tampilan yang ada tidak dapat dikonfigurasi oleh user. Availability, Tampilan Yahoo
sudah memenuhi prinsip availability, karena objek atau menu tersedia setiap
waktu dan dapat diakses oleh user.
2.Produc
Compatibility
Clarity, objek-objek dalam tampilan Yahoo sudah jelas. misalnya
terdapat lambang amplop untuk menggambarkan menu mail, lambang bola yang
mewakili menu olahraga, dll.
3. Task Compatibility
Compatibility, tampilan Yahoo sudah memenuhi prinsip compatibility,
hal ini dibuktikan dengan penempatan atau tata letak yang jelas dan pas.
Di bagian kiri adalah situs Yahoo (berisi icon-icon yang mewakili
tiap-tiap menu), bagian tengah berisi hotnews, bagian kanan berisi
topik popular dan iklan.
4. Work Flow Compatibility
Operability, yahoo sudah memenuhi prinsip
operability karena Yahoo mudah diakses oleh semua orang dari berbagai golongan
dan umur, bahasa familiar, desain yang simple, dan kemudahan akses di mana saja
(hp, pc,tablet). Persepsi orang mengenai situs Yahoo adalah biasanya untuk
mengakses e-mail.
5.
Consistency
Yahoo memenuhi
consistency karena tampilan Yahoo tidak pernah berubah. Pada saat
kita memulai untuk membukanya tampilannya tetap sama. Letak atau posisi dari
seluruh komponen yang ada dalam tampilanYahoo selalu berada di tempat yang
sama.
6. Familiarity
Semua
tampilan pada Yahoo mudah dimengerti oleh usernya baik dari segi
bahasa ataupun icon-icon yang mewakili tiap menu yang ada, hal ini
membuat Yahoo menjadi salah satu situs yang sering diakses oleh
masyarakat.
7. Simplicity
TampilanYahoo memiliki
desain yang sederhana, dari segi warna tampilan, icon yang dipilih untuk
mewakili tiap menu, dan deretan link yang berisi informasi dikemas dengan
sederhana.
8. Directness Manipulation
Dalam
prinsip ini, kecepatan pengaksesan Yahoo tergantung dari kecepatan
koneksi yang tersedia pada gadget yang digunakan oleh user.
9. Control
Penggunaan Yahoo dapat
dikendalikan sesuai dengan keinginan user, contohnya ketika user ingin membuka
tampilan email maka yang muncul adalah tampilan dari mail, ketika user ingin
memperoleh informasi mengenai hotnews, dengan mengklik link yang ada maka user
akan dapat menikmatinya.
10. WYSIWYG(What You See Is What You Get)
Aesthetically Pleasing , dari segi kontras antar elemen,
tampilan Yahoo kurang bagus karena didominasi warna putih di bagian background
dan dipenuhi oleh gambar iklan. Dari segi pengelompokan, tampilan Yahoo sudah
baik karena sudah ada menu-menu yang mewakili masing-masing fungsi (contohnya :
menu mail untuk fungsi surat menyurat). Selain itu, batas antar elemen layar
kurang jelas karena dipenuhi oleh iklan dan berbagai macam link. Namun warna
tampilan Yahoo sudah baik karena tidak membuat mata sakit.
11. Flexibility
Yahoo sangat
fleksibel karena semua informasi yang dibutuhkan oleh usernya ada pada
tampilan. User tinggal memilih menu atau link yang dibutuhkannya, maka
tampilan akan muncul sesuai yang diinginkan oleh usernya.
12. Responsiveness
Yahoo memenuhi
prinsip responsiveness, karena cepat dalam menanggapi keinginan user. Ketika
user mengklik link yang dinginkan akan langsung tersambung dengan informasi
yang dibutuhkan.
13. Invisibe Technology
Transparency,
yahoo tidak
memenuhi prinsip transparency karena Yahoo tidak memperhatikan
pekerjaan yang sedang dilakukan oleh Yahoo. User hanya mengetahui hasil
dari apa yang diinginkannya
14. Rabustness
Recovery, untuk situs Yahoo terdapat
toolbar “back” jika kita ingin mengembalikan ke tampilan yang sebelumnnya.
15. Protection
Safety, yahoo memenuhi prinsip safety dalam
bagian Yahoo Mail, karena Yahoo Mail menyiapkan perlindungan atau
pencegahan terhadap kesalahan user. Misalnya, user harus menggunakan ID dan
password untuk dapat mengakses Yahoo Mail. Apabila user salah dalam
memasukkan password, Yahoo Mail akan memberikan peringatan dan
beberapa pertanyaan keamanan. Hal ini sangat bermanfaat dalam segi keamanan. Forgiveness, yahoo tidak
memiliki system untuk memberikan peringatan terhadap kesalahan yang di lakukan
oleh usernya ( kecuali ketika terjadi kesalahan pada pengisian ID dan password
pada Yahoo Mail).
16. Ease of Learing & Ease of Use
Obviousness, pada website Yahoo, yang
ditampilkan di situs tersebut segala sesuatunya sudah jelas. Jelas dari segi
pemilihan kata (mudah dimengerti orang dan tidak membingungkan), serta dari
segi tampilan dan menu.
Kelebihannya
:
Selain bisa digunakan untuk menerima dan mengirimkan
email, Anda juga bisa mengetahui berita-berita terbaru, baik dari dalam negeri
maupun luar negeri. Saat Anda mengirimkan email, Anda bisa melampirkan file
tambahan sebesar 25 MB. Dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat (SMS)
kepada nomor ponselIndonesia dan beberapa negara lainnya. Ketika Anda sedang
menulis email, lalu tiba-tiba komputer Anda mati, maka secara otomatis email
yang sudah Anda tulis akan disimpan di dalam folder Draft.
Kekurangannya
:
Terlalu banyak iklan, Upload file agak lama, Terkadang
koneksi lambat terkadang server bermasalah.
Daftar pustaka
0 komentar:
Posting Komentar